Free Web Hosting Provider - Web Hosting - E-commerce - High Speed Internet - Free Web Page
Search the Web

S M K NEGERI 5

[ S T M N ]

BANJARMASIN

KELOMPOK TEKNOLOGI & INDUSTRI

Alamat :

Jln. MayJend Soetoyo S. No.330 Telp. (0511) 68705, 58655, 59606 Banjarmasin 70118

Email untuk informasi :

info@smkn5.itgo.com 

haris@smkn5.itgo.com 


 

Frofile | Home

 

Program Studi | Sumber Daya Pengajar | Unit Produksi | Jasa | Pendidikan Sistem Berganda  

 

 

Sejarah

 

Setelah lebih 17 tahun berkiprah dalam mendidik generasi muda untuk menyiapkan tenaga tenaga terampil tingkat menengah dibidang teknologi, kamipun semakin mantap menyiapkan tenaga-tenaga muda yang profesional.

Apalagi mulai tahun pelajaran 1982 / 1983, dengan dana proyek pengembangan dari Bank Pembangunan Asia ( Asian Development Bank / ADB ) yang selesai pembangunannya pada tahun 1985 / 1986. Sehingga tanpa ragu lagi kami mengatakan Kami, STM yang terlengkap dan terbesar se Kalimantan Selatan.

Untuk mengantisipasi perkembangan dunia Otomotif yang semakin pesat di wilayah Kalimantan Selatan, pada tahun pelajaran 1985 / 1986 dibuka Jurusan Otomotif dengan Program Studi Mekanik Otomotif. Sedang pada tahun 1987 / 1988 dibuka Jurusan baru lagi, Jurusan Elektronika.

Pada tahun 1991 s/d 1994, kami dipercaya melaksanakan Program Pengembangan Sekolah Seutuhnya (PSS) dibawah binaan Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi ( PPPG Teknologi ) Bandung. Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayan Kotamadya Banjarmasin dan Kepala Bidang Dikmenjur Kanwil Depdikbud Propinsi Kalimantan Selatan.

Kamipun selalu berusaha meningkatkan knalitas lulusan agar mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha / dunia industri, agar tercapai Link and Match. Mulai tahun pelajaran 1994 / 1995 mulai melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di 54 Dunia Usaha / Dunia Industri baik di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah maupun di IPTN Bandung. Inilah yang memberikan keyakinan kepada kami, untuk mampu bersaing pada pasar bebas tahun 2003, sesuai misi kami:

Mewujudkan tujuan institusi untuk menuju kemandirian STM melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dengan memanfanthan sumber daya yang ada secara maksimal dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan siswa untak memenahi kebutuhan tenaga kerja pada dunia usaha / industri dan menguasai IPTEK

 kembali ke atas


PROGRAM STUDI

 

Kami siap menelurkan lebih 300 tenaga tenaga terampil di bidang teknologi. Terdiri dari 7 Program Studi dengan 7 bidang keahlian yang meliputi :

 

Tenaga terampil dibidang Elektronika Komunikasi.

Tenaga terampil dibidang Listrik Instalasi.

Tenaga terampil dibidang Mekanik Otomotif.

Tenaga terampil dibidang Mesin Produksi.

Tenaga terampil dibidang Survey Pemetaan.

Tenaga terampil dibidang Gambar Bangunan.

Tenaga terampil dibidang Bangunan Gedung.

 

Lulusan kami telah melaksanakan uji ketrampilan dan uji profesi yang diselenggarakan oleh Kadinda bekerja sama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri, Asosiasi Profesi dan Instansi terkait, sehingga tidak diragukan lagi ketrampilannya. Mereka akan siap menangani pekerjaan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya.

 

  1.  Lulusan Elektronika Komunikasi akan mampu menangani pekerjaan:

  1. Lulusan Listrik Instalasi mampu menangani pekerjaan:

  1. Lulusan Mekanik Otomotif mampu menangani pekerjaan:

  1. Lulusan Mesin Produksi mampu mengerjakan:

  1. Lulusan Survey Pemetaan mampu melaksanakan pekerjaan:

  1. Lulusan Gambar Bangunan mampu menangani pekerjaan:

7.     Lulusan Bangunan Gedung mampu menangani perkerjaan:

 

 kembali ke atas


SUMBER DAYA

 

Guna melayani aktifitas den kegiatan belajar mengajar telah didirikan bangunan sseluas 10595 M2 diatas tanah 32860 M2, yang terdiri dari:

  1. Workshop Elektronika

  1. Workshop Listrik

  1. Workshop TPL / Mesin Produksi

  1.  Workshop Otomotifi

  1. Workshop Bangunan

STM Negeri Banjarmasin merupakan sekolah yang terbesar den terluas serta memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbanyak untuk ukuran sekolah di Propinsi Kalimantan Selatan. Dengan jumlah 132 orang.

 

  1. Tenaga Edukatif sebanyak 112 orang

  1. Tenaga edukatifalumni dari IKIP Yogyakarta, IKIP Bandung, IKIP Malang, Medan, Padang, Semarang, Surabaya, UNS Solo dan Universitas Lambung Mangkurat.

  2. Sebagian besar (90%) telah mengikuti penataran peningkatan kompetensi pada PPPGT/TEDC Bandung, PPPGT/VEDC Malang, PPPGT Medan, PPPG Matematika dan PPPG Kesenian Yogyakarta dan Paedagogieck Techniesh Hogeschool (PTH) Techniesh Universitet Nederlands.

  3. Tenaga Administrasi berjumlah 20 orang, yang juga sudah mengikuti penataran di PPPGT Bandung dan PPPGT Malang

 

kembali ke atas


UNIT PRODUKSI

 

Unit Produksi merupakan satuan pada usaha pada SMK yang  memproduksi barang dan jasa yang pelaksanaanya diintegrasikan dalam kegiatan proses belajar mengajar atau kegiatan ekstra kurikuler.

 

Kegiatan Unit Produksi meliputi bidang produksi dan Jasa. Untuk memper­mudah dan memperlancar usaha unit produksi, telah didirikan sebuah yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Teknologi Kejuruan Banjarmasin ( YP2TK Banjarmasin ) dan direncanakan didirikan sebuah badan usaha ( CV ).

 

Jenis Kegiatan Unit Produksi

  1. Bidang Produksi

Sesuai dengan fasilitas dan kemampuan sumber daya kami, mampu dan siap menerima berbagai bidang pekerjaan antara lain:

  1. Bangunan

- Pembuatan perabot rumah tangga dari kayu

- Pembuatan konstruksi rumah ( dari kayu dan beton )

- Perencanaan dan pembuatan taman

- Perencanaan dan pembnatan disain dan RAB rumah

- Pekerjaan pemipaan dan plumbing

- Pekerjaan pemetaan topografi dan pengkaplingan

  1. TPL

- Pembuatan rode sisi poros den segala pekerjean bubut

-  Las karbit den las Listrik

- Pembuatan pager best, tralis den pintu besi

-  Perencanaan den pembuatan komponen mesin dengan CNC

  1. Listrik

- Pekerjaan melilit dinamo

- Pekerjaan perbaikan alat alat rumab tangga listrik seperti: Pompa air, Kulkas, Mixer, all.

- Pekerjaan AC

- Pemasangan instalasi listrik rumab den Jarmgan

  1. Elektronika

- Pembuatan den perbaikan Audio / Vldeo

- Perbaikan Komputer

- Perbaikan alat-alat elektronika

  1. Otomotif

- Perawatan den perbaikan mobil

- Penyetelan den perbaikan mjeksion pump

- Bubut tromol, bubut katup den bubut karter

- Perbaikan sepeda motor den motor - motor kecil

  1. Bidang Jasa

Kamipun juga memberikan layanan dalam bidang jasa teknologi sesuai dengan keahlian kami. Baik bidang pelatihan dan bidang jasa dan konsultasi bidang teknologi.

 

Dalam bidang pelatihan kami berani berkata bahwa Pusat Pelatihan Kerja Teknologi dan Komputer "MULTI TEKNIK" merupakan pelatihan yang terbesar dan terlengkap di Kalsel

 

Kami siap mendidik calon-calon tenaga kerja terampil tingkat menengah yang handal, melalui program Politeknik Setara Diploma Satu (Dl) bidang studi: Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Tekniksi Komputer, Teknik Mesin, Teknik Listrik, Teknisi AC, Teknik Bangunan, Arsitektur dan Gambar dan RAB, Teknik Survey dan Pemetaan, Operator Komputer.

 

Selain itu juga dibuka Program-program pendek (short course) dan melayani in house training bagi perusahaan dan instansi yang memerlukannya.

 

Lembaga kami telah mendapatkan legalisasi dari Kautor Wilayah Tenaga Kerja Kalimantan Selatan. Beberapa SDM kami, adalah pemenang lomba ketrampilan tingkat propinsi Kalsel dan juara harapan 11 Tingkat Nasional bidang Elektronika dan otomotif. Juga ada yang pemegang Sertifikat Pelatih Sumber belajar / Penguji Dikluemas tingkat Nasional. Dan flnalis tingkat Nasional lomba ketrampilan Komputer

 

Semua alumni akan disalurkan melalui Bursa Kerja Khusus MULTI KARYA.

Tidak ketinggalan kami juga siap melayani jasa konsultasi dalam bidang komputer dan elektronika, Otomotif, Bangunan, AC dan listrik serta teknik mesin.

Untak pengembangan Unit Produksi dalam waktu dekat akan didirikan badan usaha (CV), agar ruang gerak usaha lebih fleksibel dalam menyongsong persaingan yang semakin ketat pada pasar global. Bahkan dalam waktu yang­ tidak terlalu lama akan didirikan STM Swasta dibawah naungan Yayasan Unit Produksi ( YP2TK Banjarmasin ).

 

 kembali ke atas


Pendidikan Sistem Berganda

 

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas lulusan agar mempunyai kemampuan sesuai dengan kualifikasi dunia industri dan akan keterkaitan dan kesepadanan ( Link and Match ) mulai tabun pelajaran 1994 /1995 kami telah melakukan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di 54 Dunia Usaha / Industri baik DU / Dl di Kalsel maupun DU / Dl di Jawa.

 

Untuk itu pada tanggal 8 Februari 1994 STM Negeri Banjarmasin telah melaksanakan Penandatanganan Naskah Kerjasama Pendidikan Sistem Ganda dengan Dunia Usaha / Dunia Industri dan Instansi terkait serta pembentukan Majelis Sekolah (MS).

 

Melalui pendekatan PSG, siswa akan mendapatkan pendidikan di sekolah dan pengalaman praktek kerja langsung di dunia industri sehingga akan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang sesuai dengan permintaan dunia kerja.

 

Tahun pelajaran 1995 /1996 pasangan institusi kami telah bertambah menjadi 93 DU / Dl. Demikian juga tabun pelajaran 1996 / 1997 telah dilaksanakan PSG di 93 DU / Dl selama 3 bulan.

 

Dalam program, PSG, kami telah melaksanakan Uji Profesi dan Sertifikasi bersama dengan DU/DI, Asosiasi Profesi dan Instansi terkait seperti Depoaker, Kadinda, dll. Dengan Uji Profesi dan sertifikasi ini, kualitas lulusan bisa dipertanggungjawabkan.

Agar diperoleh kemampuan tamatarn yang utuh dan menyeluruh maka siswa STM Negeri Banjarmasin dibina dalam bidang kegiatarn intra dan ekstra kurikuler.

Bidang kegiatan Ekstra Kurikuder meliputi :

 

1.     Bidang ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2.     Bidang kehidupan berbangsa dan bemegara

3.     Bidang PPBN

4.     Bidang organisasi politik dau kepribadian

5.     Bidang kesegaran jasmani dan daya kreasi

6.     Bidang ketrampilan dan kewiraswastaan

7.     Kepramukaan

8.     Koperasi siswa

9.     Palang Merah Remaja

10.  Olah raga

11.  Kesenian

 

Dalam bidang olah raga dan kesenian kemampuan yang dimiliki oleh siswa­siswi STM Banjarmasin cukup membanggakan. Tim Bola Voly STM baik putra maupun putri beberapa kali menjuarai kejuaraan antar pelajar se Kalimantan Selatan. Demikian juga dalam bidarug kesenian, Band STM beberapa kali menjuarai festifal band pelajar di Kalsel.

Tidak ketinggalan PMR dan pramuka STM juga boberapa kali unjuk gigi memperoleh juara dalam berbagai kejuaraan. Selain itu beberapa siswa STM pernah meraih lomba karya tulis dan lomba berpidato antar pelajar baik tingkat kotamadya maupun tingkat propinsi. dalam bidang teknologi STM beberapa kali unjuk gigi dalam lomba ketrampilan siswa tingkat nasional yang diadakan di PPPGT Malang.

 

kembali ke atas

Home